Saturday, September 27, 2008

75 minutes

beberapa hari yang lalu, donna laoshi ga masuk pas pelajaran xie, jd kita akhirnya nyampah di kelas 75 menit. trus lg ngobrol2 gt, gw iseng nanya pertanyaan yang wkt itu gw tulis di blog gw; menurut lo, manusia mendingan melakukan sesuatu dengan benar atau melakukan sesuatu yang benar. kalo ada yang baca, gw nulis jawabannya kan panjang lebar tu, pake gw sambung-sambungin ke kaidah sm norma segala, haha. ternyata tmn2 gw cuma jawab ' ya melakukan sesuatu yang benar lah, klo dengan benar berarti melakukan sesuatu yang salah dengan benar jg bisa dong.'
oiya ya, heheheheheehhe.

nah terus temen gw, janoko, nanya gini; klo emg tuhan mahakuasa, menurut lo bisa ga tuhan bikin batu yang sangat besar, sampe tuhan sendiri ga bisa ngangkat batu itu.
klo tuhan bisa bikin batunya, berarti tuhan ga mahakuasa, kan ga bisa ngangkat. klo tuhan bisa ngangkat, berarti tuhan ga mahakuasa soalnya tuhan ga bisa bikin batunya.
disinilah perdebatan dimulai. haha. gw sm janoko lawan satu kelas. hahahaahhaha

gw sm janoko dr kubu 'ateis' yang laennya dr kubu orang-orang beragama. ada buddha, kristen, katolik, islam

pertama gw nanya, kasi gw satu alesan knp lo percaya sm agama? boneng jawab, rasa nyaman nyet. gw jawab, gw bisa nyaman kok tanpa agama. malah gw g nyaman klo gw punya agama.

kedua gw nanya, lo percaya gt manusia dibuat dr tanah? dan gw jujur gw kaget bgt pas semua blg PERCAYA! itu jawabnya bener-bener satu kelas serempak dan yakin gt. dang. gw cuma bisa blg, sumpah demi apa lo? klo emg iya knp udah g pernah ada lg manusia dr tanah? dan mereka jawab, soalnya udah ada cara yang laen sekarang. lewat pertemuan sel telur sm ovum. hmmm. ini ga menjawab pertanyaan gw sebenernya.

trus gw tanya lg, di alquran, agama nasrani sm yahudi dianggap salah, lo percaya itu? daaaan satu kelas, ga satu kelas si, yang islam doang, pada jawab PERCAYA! daaaaaaaang. gw agak kesel sumpah, liat2 dong klo mau jawab. lo kira ga ada orang nasrani disitu. gw ga suka bgt sm orang2 yg ngerasa mereka paling bener. klo lo ngerasa lo paling bener, orang laen jg berhak ngerasa bener.

trus gw ditanya, lo percaya surga sm neraka? gw jawab nggak. hahaha. dan mereka blg, klo misalnya akhirnya surga sm neraka itu ada, lo mau gmn? ya gw jawab, ya mau gmn lagi, berarti gw salah. dan mereka blg, klo emg lo tau ada kemungkinan lo salah, kenapa lo masih g percaya jg? gw blg, haha gini deh, klo lo tau lo naek mobil bisa kecelakaan, kenapa lo masi naek jg? ya soalnya ada jg kan kemungkinan lo g kecelakaan.

trus gw ditanya, tujuan hidup lo apa? gw jawab aja, kita g ada yg tau tujuan hidup kita apa, yang penting kita ngejalanin hidup sebaik-baiknya. dan mereka blg tujuan hidup mereka msk surga. hmmm ya yaaa.

well, gw g ngerasa gw memenangkan perdebatan ini sm sekali. tp gw jg g ngerasa mereka menang. sebenernya panjang bgt debatnya dan gw g mungkin nulis semuanya. tp intinya, klo menurut gw, kita semua tu 'ditaroh' di dunia dengan 3 pertanyaan besar: dari mana asal kita? kemana kita klo udh mati? apa tujuan hidup kita?

and aren't we ALL DESPERATE to answer those questions. kita disini sama-sama berusaha nyari jawaban, ada yang berpengang sama agama soalnya agama tu kaya ngasi jawaban ke 3 soal itu(orang-orang beragama). ada yang g bisa percaya sm agama dan berusaha nyari sendiri jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu(free thinkers). ada yang berusaha ngejalanin hidup sebaik mungkin tanpa mikirin jawaban dr pertanyaan-pertanyaan itu(agnostic). kita semua dikasi akal dan kita semua punya comfort zone masing2. ada yang ngerasa enak sama agama yang ini, ada yang enak sm agama yg itu, ada yang enak sm kepercayaan ini, dll. tp in the end, kita ga ada yang tau kan sebener-benernya yang paling bener tu apa? jadi gw ga suka aja klo ngeliat orang maksain klo kepercayaan mereka itu bener. gw ga percaya agama apapun. agama gw flying spaghetti monster. itu yg gw percaya, tp gw jg ga ngejamin klo itu yang bener. bisa aja gw salah. life's one big mystery people, and we're all trying to solve it together, with our minds. minds that are given to us as the biggest gift a person can receive.

1 comment:

Nurul Putri Nadika said...

weits,gw demen nih bahas beginian.mari kita bicarakan tp g di sini. yg ada gw ngepost di sini,bukan comment.kutunggu onlinemu untuk membahas ini yaa