Thursday, September 18, 2008

ngantuk parah

iya gw ngantuk tp gw pgn ngepost ini.

beberapa hari yang lalu tmn gw yg lagi kebanjiran sms gratis ngirim sms ky gini k semua orang:
'menurut kalian, sebaiknya orang berbuat sesuatu yang benar atau berbuat sesuatu dengan benar?'
haha. gw suka pertanyaan aneh2 gitu, tp jujur gw sempet stumped pas baca itu. trs gw mikir2 dan gw dpt jawaban yang menurut gw paling enak. menurut gw lho.

ky yg pernah gw tulis di post sebelomnya klo ada yang baca, manusia ga perlu indikator mutlak buat nentuin mana yang bener dan mana yang salah. kita dikasi akal pikiran buat itu. in this case menurut gw g masalaha apa dia melakukan dengan benar atau melakukan yang benar, g ada yang benar dan yang salah di hidup ini. apa yang menurut lo bener blom tentu bener menurut orang lain. hal yang mutlak sekalipun kaya 1+1=2 juga ga selalu bener. ngasi sedekah ke orang minta2 ga selalu bener kok. ada yang bilang ngasi sedekah ke orang minta2 salah karena mereka sering boong, pura2 cacat klo g nyuruh anaknya yang minta2 dan dia enak2 nerima duitnya. contoh lain, klo menurut orang beragama berdoa itu wajib, menurut orang atheis itu salah karena mereka percaya tuhan itu g ada.
jadi maksud gw adalah, ga ada di dunia ini yang bener dan yang salah. semua tergantung pikiran tiap orang. kaya yang chuck palahniuk pernah bilang, what goes on in your mind is always right, making everything you do become right. even if you decide to do the wrong thing on purpose, by doing it, you have already turned a wrong into a right.
tapiiii, cuma karena ada pemikiran kaya gini bukan berarti seseorang trus terjun ke masyarakat dan bertindak seenaknya. ngaco2 trus pake alesan, ya menurut gw ini bener. itu sebabnya manusia perlu belajar moral dan etika. 
ya kira2 gt d. mungkin ada yg salah ketik apa ada yang lupa gw ketik. gw udah ngantuk bgt jg.

btw,any objections?

1 comment:

abcde said...

Hal-hal kayak gt bikin ketidakpastian buat manusia. Manusia butuh kepastian makanya muncul kaidah/norma yg ngatur semuanya. Manusia juga punya perasaan sendiri kok untuk tau mana yg bnr/salah. Itu namanya budi nurani. Nah budi nurani jg msk ke kaidah. Jadi gw bingung deh lanjutinnya. Ahaha. Gw suka postingan lo!